You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Sering Picu Genangan, Saluran Air di Jl Sabang Dinormalisasi
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Saluran Air di Jl Agus Salim Dinormalisasi

Suku Dinas Tata Air Jakarta Pusat, melakukan normalisasi saluran air di Jalan Agus Salim (Sabang), Kelurahan Kebon Sirih, Kecamatan Menteng. Ini karena pada musim hujan, saluran yang berada disepanjang jalan tersebut kerap meluap dan menimbulkan genangan.

Selain dikeruk sampah dan lumpurnya, saluran air ini juga ditambah kedalamannya. Awalnya hanya 80 sentimeter dan kini ditambah hingga mencapai 1,6 meter

Kepaa Suku Dinas Tata Air Jakarta Pusat, Herning Wahyuningsih mengatakan, pihaknya melakukan pembongkaran saluran di jalan tersebut. Sebab untuk telah banyak sampah dan sedimen yang berada di dalamnya.

“Selain dikeruk sampah dan lumpurnya, saluran air ini juga ditambah kedalamannya. Awalnya hanya 80 sentimeter dan kini ditambah hingga mencapai 1,6 meter,” ujar Herning, Senin (21/9).

Normalisasi Cakung Drain Perlu Penanganan Terpadu

Panjang saluran yang masuk dalam pengerjaan normalisasi yaitu 400 meter, dengan lebar rata-rata 80 sentimeter. Pembongkaran saluran ini juga harus menggunakan mesin penghancur aspal dan beton. "Karena ada beberapa titik saluran yang berada di bawah bahu jalan. Sehingga mengurasnya, harus melakukan pembongkaran jalan dulu," tuturnya.

Setelah dilakukan pengerukan, lanjut Herning, nantinya di sepanjang sisi kiri dan kanan saluran air akan dipasangi turap menggunakan batu kali. Ini untuk mencegah, tanah di sisi saluran longsor. "Lalu bagian atasnya juga dipasangi beton u-ditch," ucapnya.

Untuk melakukan normalisasi saluran ini, Herning mengaku sedikit terkendala banyaknya jaringan utilitas. Petugas harus lebih dahulu menata kabel-kabel utilitas, dan mengikatnya agar tidak mengganggu pekerjaan. "Ada 30 personel yang dikerahkan untuk mengerjakan. Kita perkirakan minggu ini selesai semua," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1225 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1136 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1125 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1058 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1012 personAldi Geri Lumban Tobing